Sabtu, 23 Oktober 2010 | By: Dhistira Dian (Rhara)

Lempah Kuning khas bangka

Bangka ..

apapun dari kota itu merupakan bagian dari hidup gw sejak gw terlahir di dunia ini..ceileh..

gw memang bukan keturunan bangka (yaiyalah kulit gw item gini, bisa di ketawain orang sebangka kalo gw bilang gw orang bangka secara orang bagka kan kulitnya putih - putih gitu,haha)

bokap gw pria batak yang memang lahir dan besar di Sungai Liat (satu kota kecil di bangka)

dan gw jatuh cinta sama semua yang berbau bagka

makanannya, orang-orangnya, dan PANTAInya..

tapi postingan kali ini gw belum mau ngebahas pantainya, nanti saja..sekarang waktunya gw ngebahas salah satu makanan khas bangka..

semua orang pasti gak asing dong dengan emplang, pempek, otak-otak dan lakso. tapi kali ini gw mau share tentang satu makanan namanya Lempah kuning.

lempah kuning khas bangka yang rasanya surga banget, apalagi yang masak langsung dari tangan orang bangkanya asli..ehmmm kalo kata pak Bondan, maknyussssss
 

ini gambarnya, Lempah kuning khas bangka.
memang gambarnya terlihat biasa (karena ngambilnya dari HP yang resolusinya kecil)
tapi rasanya juara banget!!!


Resep LEMPAH KUNING, masakan khas Bangka.
(sumber mr. google antah berantah)

- 1 ekor (± 1 kg) ikan kakap merah/ Kembung/ Tenggiri/ Kue/ Gurisi dll (sesuai selera)
- ½ liter air
- 300 gr nanas, dikupas, di buang matanya dan dipotong berbentuk segitiga ( bebas)
- 50 ml asam jawa.
- 1 sendok teh garam ( secukupnya)
- 1 sendok teh gula ( secukupnya ) <== dimaksud sbg pengati Micin/Vetsin

Haluskan:
- 10 buah cabe merah ( disesuaikan dengan selera )
- 3 siung bawang putih
- 1 cm kunyit bakar ( agar aromanya lebih terasa )
- 1 sendok teh terasi goreng/Bakar, ( paling enak menggunakan terasi bangka ) karna gw gak makan udang jadinya gak pake terasi,rasa gak berubah kok,tetep nampol!!

Cara membuat Lempah Kuning Makanan khas Bangka :
Ikan disiangi ( di bersihkan sisiknya dan kemudian di potong menjadi 3 bagian (atau potong dgn ukuran proporsional), sisihkan. Bumbu di goreng dengan minyak goreng 1 sendok makan sampai keluar aroma dan masukkan air sampai mendidih, masukkan nanas, ikan dan air asam, bumbu garam dan gula/micin, masukkan ikan sampai bumbu meresap dan angkat sajikan selagi hangat.

Simple tapi sedap.........

selamat mencoba dan harus mencoba

0 komentar:

Posting Komentar